Langsung ke konten utama

Lidah buaya (aloe vera)

Halo, teman-teman selamat datang..
Teman- teman tau gk apa itu tanaman lidah buaya? Manfaat apa saja yang di dapat dri lidah buaya? Pasti pada belum tau kan. Nah, kali ini saya akan membahas tentang Lidah Buaya ( aloe vera) yang tidak banyak di ketahui masyarakat (hehehe)
SELAMAT MEMBACA :)


Gambar lidah buaya (aloe vera)

Lidah buaya ( aloe vera)  adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan. Secara umum, lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.
Kebanyakan orang mengenal lidah buaya bermanfaat untuk pembersih atau perawatan rambut dan sebagai tanaman hias. Tetapi bukan hanya itu saja, manfaat di dalam aloe vera ini banyak sekali bagi wanita ataupun pria. 
https://tanahkaya.com/lidah-buaya/
Nah, teman- teman berikut merupakan beberapa manfaat dari lidah buaya :
1. Lidah buaya untuk mempercepat penyembuhan luka luar
Aloe vera atau lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka luar. Dan juga kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi yang disebakan oleh bakteri sehingga mempercepat pemulihan luka.
2. Lidah buaya untuk mengatasi iritasi
Kadang tanpa ada sebabnya kulit mengalami iritasi atau radang seperti eksim, psoriasis, atau rosacea. Untuk mengatasi iritasi dan radang tersebut tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengobati dengan menggunakan lidah buaya.
3.  Lidah buaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh
Lidah buaya akan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Anda bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman yaitu jus atau suplemen lidah buaya.
4. Lidah buaya untuk membasmi plak gigi
Lidah buaya yang digunakan sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak di gigi memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.
5. Lidah buaya untuk menjaga kadar asam tubuh
Dengan meminum jus lidah buaya secara rutin, sifat alkalinya akan membantu menjaga kadar asam dalam tubuh atau menyeimbangkan keasaman tubuh.
6. Lidah buaya untuk membantu proses detoksifikasi
Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Dengan rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses detoksifikasi dalam tubuh akan lebih cepat karena dibantu oleh manfaat lidah buaya itu sendiri.

oke teman-teman itulah beberapa pengertian dan manfaat dari lidah buaya (aloe vera). terimkasih telah berkunjung di blog pertama saya, semoga bermanfaat :)

Daftar pustaka
http://gardeneryardener.blogspot.com/2015/09/aloevera-tanaman.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Lidah_buaya
https://tanahkaya.com/lidah-buaya/
https://www.merdeka.com/sehat/30-manfaat-lidah-buaya-untuk-kesehatan-dan-kecantikan-kln.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fungsi kulit dan bagian-bagian kulit

Halo, teman-teman selamat datang.. Teman- teman tau gk apa itu kulit? Pasti pada tau dong kalau kulit itu sebagai pelindung tubuh bagian dalam. Nah, padahal kulit itu memiliki banyak fungsi dan bagian dari kulit yang banyak tidak orang ketahui dan kali ini saya akan membahas tentang kulit … SELAMAT MEMBACA :)   Kulit merupakan organ terluas di tubuh manusia. Jika dibentangkan, kulit tubuh orang dewasa memiliki luas sekitar dua meter persegi bisa menutupi sebuah pintu. Luasnya kulit kita berfungsi untuk melindungi setiap otot, jaringan, serta organ-organ penting dalam tubuh. Kulit juga berfungsi untuk membantu mengatur suhu tubuh sekaligus sebagai indra peraba. Selain itu, kulit manusia juga berperan sebagai produsen vitamin D yang penting untuk kesehatan tulang. Itu sebabnya kita harus selalu menjaga kesehatan kulit. Tebal-tipis dan warna-warni kulit bisa berbeda antar orang, tergantung dari banyak faktor — termasuk genetik, ras, usia, hingga jenis kelamin. Ada juga b